Saturday 3 November 2012

Benteng Pendem : Eksotisme Yang Terpendam Di Cilacap

Cilacap adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang lokasinya dekat dengan laut, jadi wajar kalau kota ini panas banget, tapi bukan berarti gak ada yang menarik dari kota ini. Salah satu tempat wisata sejarah yang wajib dikunjungi kalau lagi liburan ke Cilacap adalah Benteng Pendem. Pertama kali tahunya sih dari majalah wisata gitu, dari gambar-gambarnya tempat ini kok kelihatannya eksotis banget. And Well, when we went there, walllaaa, cakep banget dah.
Dulunya Benteng Pendem (catet, Pendem ya bukan pendam), adalah markas pertahanan tentara Belanda di Cilacap, Jawa Tengah. Fungsinya ya udah jelas ya, namanya benteng fungsinya pasti buat pertahanan, kalau disini pertahanan serangan yang datangnya dari laut. Dibangun pertama kali tahun 1861 selama 18 tahun dengan luas area sekitar 6,5 hektar. Benteng ini sempat tertutup pasir dan tidak terurus sampai kemudian digali dan diperbaiki lagi oleh Pemerintah Cilacap pada tahun 1986, dan sampai sekarang Benteng ini menjadi tempat wisata yang menarik minat wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

How We Go There?
Mau kesana ya ? Yup, harus malah, kalau udah sampai Cilacap, tempat ini harus dikunjungi, akses jalan menuju Benteng Pendem cukup mudah kok, dari terminal Cilacap kita bisa langsung naik angkutan umum (tanya dulu ya sama orang diterminal, angkot yang mana yang nyampe kesana ^^), apa ..? Gimana caranya ke Cilacap? hadeeeh
kalau kamu datengnya dari Jakarta, bisa tuh naik pesawat ke Semarang, Solo, Jogja juga boleh, terus ntar naik bus deh yang jurusan Cilacap, ongkosnya murah kok, sekitar 20-80 ribu Rupiah, tergantung jenis bus yang kamu naikin. Lewat jalan darat juga bisa, gampang tinggal keterminal, tanya yang manis sama petugasnya, mana bus yang nyampe ke Cilacap, kalau kamu wisatawan dari Medan kayak saya, kamu bisa naik pesawat ke ke Jakarta, Bandung, Semarang, Solo apa Jogja, terus naik bus :D udah ah masa gitu aja gak bisa, ceritanya udah sampe Cilacap ya, terus naik angkot deh, sebenarnya gak ada angkot yang langsung berhenti didepan gerbang Benteng Pendem, jadi naik angkot yang arah Pantai Teluk Penyu, terus lanjut naik becak (naik becaknya ditawar yaa), nah Benteng Pendem kan letaknya di pesisir Pantai Teluk Penyu (pantainya juga cakep), sebelah-sebelahan sama Pulau Nusakambangan loh (tahu kan Nusa Kambangan, apa gak tahu, gugling gih sana), sepanjang jalan nikmatin dulu pemandangan pantai yang cakep, di sisi kanan dan kiri banyak yang jualan olahan seafood dan oleh-oleh khas pantai, kayak ikan asin, kerupuk ikan, baju-baju pantai, pernak-pernik, macem-macem deh, tapi tahan dulu, beli oleh-olehnya ntar aja pas pulang). Ntar kan dianterin tuh sama tukang becaknya sampai pas didepan gerbang, inget yah gak ada angkot loh disitu, jadi mending carter aja tu tukang becak kalau kamu gak bawa kendaraan pribadi.
Udah sampe nih, foto dulu yaaa :



What We Can Do?
Yah jalan-jalan dong :D ngelihat peninggalan sejarah zaman Belanda, Benteng Pendem terdiri dari beberapa ruangan yang masih terawat sampai sekarang. Lihat peta dulu didepan biar gak nyasar, kalau gak mau ribet sewa pemandu aja, ada kok.
nih peta depannya :

Dari situ silahkan mulai bereksplorasi, bayangin kamu lagi ada di tempat yang dulunya dipake buat mempertahankan diri dari serangan musuh. Dari segi lokasi sih pas, tempatnya terlindung, hutanya lebat banget, masih alami gitu, bangunannya juga kokoh kelihatan gitu dibangunnya zaman dulu, beda deh sama bangunan sekarang. Di sini ada barak, benteng pertahanan, benteng pengintai, ruang rapat, ruang klinik, gudang senjata, gudang mesiu, ruang penjara, dan lain-lain. Waktu ngelihat tiap-tiap ruang yang ada, agak serem juga sih, soalnya auranya dingin banget, apalagi pas di ruang penjara, gak kebayang deh tahanan yang dulu dipenjara disitu sedihnya kayak apa, ruangnya sempit, gelap, kokoh, mau kabur juga percuma, mau kabur kemana coba, ke hutan? ke pantai? 
Ini nih penjaranya :
 Bukaan, itu bukan tahanan, itu adik saya :D

Ruangan disini masih terawat baik, dibilang ruangan juga bentuknya sama semua, kayak gua-gua kecil gitu, kayak ruang klinik, ruang rapat sama barak-barak ini 


 Nah, kalau yang ini benteng perlindungan, buat mengintai juga bisa, kalau sekarang sih ini buat foto-foto :D




 Selain lihat-lihat peninggalan sejarah, kamu juga bisa piknik disini, soalnya ada gazebo-gazebo yang bisa dipakai buat piknik, bawa tikar gih, sama bekal, rame-rame sama temen-temen, kan seru tuh, selain itu ada juga taman bermain anak-anak, ada juga yang nyewain bebek-bebekan yang bisa dipake di danau buatan di dalam Benteng, ada yang jual souvenir juga.

Benteng ini cakep karena tempatnya yang masih terawat baik dan gak banyak perubahan walau udah di perbaiki ulang oleh Pemerintah Daerah, gimana ya, suasana eksotisnya masih dapet gitu, suasana seremnya juga :D hutannya masih rimbun, terus kalau dari beberapa sudut kita bisa langsung lihat laut lepas dan Pulau Nusakambangan, makin-makin deh seremnya. 
Bagus nih buat referensi pelajaran sejarah ;)
Kalau udah capek muter-muter, udah makan, udah piknik, udah foto-foto, udah beli souvenir, terus terus terus? Pulang gitu? Ya gak lah, main-main dulu gih di Pantai Teluk Penyu, emang gak seindah Pangandaran yang tenarnya udah kebangetan itu, tapi pantai ini bisa dibilang cakep juga loh, banyak pohon-pohon ridang tempat berteduh, gazebo-gazebo yang banyak dipakai buat pacaran (hadeeh), lagian (lagi) dari pantai ini kita bisa ngeliat langsung view Pulau Nusakambangan.
Kelihatan kan, itu tuh pulaunya :

 


No comments:

Post a Comment