Sunday 11 November 2012

Keep the Green Park Green

Taman Kota adalah ruang terbuka hijau yang diperuntukkan bagi warga kota sebagai sarana rekreasi, bermain, olahraga atau hanya duduk-duduk santai, Waktu aku jalan-jalan ke luar kota, aku ngeliat banyak ruang di dalam kota yang bisa dijadiin tempat nongkrong, tempat kumpul atau tempat olahraga, jadi aku penasaran dong, di Kota Medan tercinta ini ada gak ya taman yang bisa dipake buat leha-leha sambil piknik keluarga ^^
Jadi aku paksa deh si adik buat nemenin aku hunting taman kota (pake dirayu-rayu dulu, disogok segala lagi biar dia mau nemenin, hadeeeh), kita mulai deh muter-muter, setelah seharian muter-muter akhirnya ini nih, beberapa alternatif taman kota yang bisa dikunjungi kalau mau olahraga, duduk-duduk santai, pacaran, atau piknik.

Taman Dirgantara 
Sebenernya agak gimana gitu nulis soal taman ini, ya kasian, ya speechless, ya bingung, ya heran, ya gitu deh pokoknya. Soalnya daripada taman, tempat ini lebih mirip bekas bangunan yang gak diurus bertahun-tahun (duuh sayang banget). Padahal letaknya yang sebelah-sebelahan sama Bandara Polonia mestinya bikin tempat ini jadi tujuan wisata yang asik ya, tapi kenyataannya, taman ini gak keurus banget. Padahal berapa tahun sebelumnya tempat ini masih ciamik, dulu masih ada arena mobil remote control yang bikin tempat ini ramai dikunjungi, banyak juga yang mampir buat makan siang, sekalian ngajak anak-anaknya main-main lihat pesawat yang mau take-off. Sekarang, jalur mobilnya masih ada sih tapi udah gag jelas bentuknya, patung-patung binatang yang berdiri disana-sini juga udah pada afkir, taman bermain anak-anak yang ada juga udah sepi. Sayang banget tempat ini gak keurus, apalagi nanti ya kalau bandara udah dipindah ke Kualanamu.
Hal yang masih bikin rame tempat ini adalah pas musim haji tiba, yaiyalah, secara dari sini kelihatan tuh, Pullmantur Air yang bawa jamaah haji berangkat dan pulang dari Mekkah. Bisa dadah-dadah tuh dari situ :D

Taman Dirgantara , wwaah ada buaya :D

Polonia, tuh keliatan kan pesawat mau take off
 Main-main gih kesono, dadah-dadah sama pesawat, duduk-duduk di ayunan, waaah awesome deh :p


Taman Ahmad Yani
Sumpah deh, ini memang bukan yang pertama kali aku dateng kesini, tapi nama taman ini apaan beneran gak tahu, terus pas lihat patung Ahmad Yani segede gaban ditengah taman, yaudah kita tetapin aja ini sebagai Taman Ahmad Yani. Taman yang lokasinya berada tepat di depan Sekolah Harapan Medan (jadi kayak taman bermain anak-anak TK Harapan gitu ya)ini terbilang cakep. Banyak pepohonan, tempat duduk, gazebo dan masih asri. Kalau buat latihan drama, nyari inspirasi, lagi galau-galau gitu, atau cuma mau kumpul-kumpul tapi gak punya duit buat ke mall, yah disini bisalah, bisa poto-poto kok, gratis lagi. Di sebelahnya tersebutlah warkop-warkop yang rame gila kalu udah malem, berjejer-jejer tuh dari ujung ke ujung, nah kalau kamu masih culun, anak baik, suka olahraga atau cuma mau baca buku datengnya siang-siang aja, bawa bekal yah. Tapi kalau kamu ngerasa gaul getooh yah silakan nongkrong malem-malem disini, bukan, bukan ditamannya, di warkopnya lah.

Taman Ahmad Yani, itu tuh patungnya, lagi nunjuk apaan yah

bisa jalan-jalan santai gitu disini

Taman Beringin
Di papan informasinya sih disebut hutan kota, tapi kok pohonnya dikit yah. Yang menarik dari taman ini adalah, begitu masuk kita langsung disambut pemandangan air mancur (halah) yang kereeen gitu (lebay dikit ya, piiissss), lumayanlah buat cuci-cuci mata, bikin otak jadi seger lagi.

Taman Beringin, itu air mancurnya, cakep yah, maksudnya aku cakep yah :D
 Tapi sayang, fungsi taman di Kota Medan tercinta ini sudah bergeser jadi tempat pacaran (oh no!) Pacaran sih boleh-boleh aja, hak pribadi yah, tapi mbok ya kalu ditempat umum gitu (taman tempat umum tooh?) mesra-mesraannya dikurangi gitu, kan yang dateng ke taman banyak yang masih under seventen a.k.a bocah ingusan gitu, swear ingusnya masih meler-meler, masa dateng ke taman bukannya main-main tralala-trilili riang gembira malah mesti ngeliat adegan aduhay mas-mas sama mbak-mbak yang lagi pacaran (sensor mana sensoooor). Sayang banget kan ...

cakep yaaah, bisa buat nyari inspirasi nih :)
 Kebanyakan yang kurang dari taman kota disini sih kayaknya, gak ada jaringan wifi deh, padahal dulunya di beberapa taman tersedia jaringan wifi, tapi kayaknya sekarang udah almarhum deh, kalau bisa internetan kan lebih seru lagi (keliatan suka yang gratis-gratis :p )

Taman teladan
Ini nih taman yang paling rame dikunjungi buat olahraga, mungkin karena letaknya yang strategis, pas didepan Stadion Teladan Medan . Lagian dikanan kiri banyak orang jualan, deket kampus, pusat perbelanjaan, banyak angkot lewat, pokoknya T-O-P banget dah lokasinya. Yang dateng kemari juga dari semua kalangan, semua umur, anak-anak yang lari-lari, ABG-ABG yang ngakunya olahraga padahal sambil tepe-tepe tuh, yang olahraga beneran, yang dateng sekeluarga, sama temen-temennya, rame dah pokoknya. Padahal gak ada fasilitas olahraga kayak di Lapangan Merdeka, tapi tetep aja tuh tempat ini jadi favorit buat jalan atau lari pagi atau sore hari.

Taman Teladan, banyak yang olahraga disini.
Karena masih banyak pohon rindang tempat ini ciamik banget buat nogkrong, kumpul-kumpul, piknik, atau jalan-jalan, banyak jajanan, tempat duduk-duduk, siapa tahu dapet kenalan baru :)
   Sebenernya masih ada lagi taman kota yang bisa dikunjungi, tapi udah soree, pulang dulu yaa, lanjut minggu depan lagi :) Sayang ya kalau taman yang udah ada gak kita jaga, makanya sebagai warga Indonesia yang taat hukum (cieee) mesti ikut menjaga kelestarian taman kota biar tetep asri, teduh, cakep dah, bukannya ngerusak atau bikin kotor atau menyalahgunakan fungsi taman jadi tempat mesum (idiih).
Setujuuu ...!!!! 

No comments:

Post a Comment