Thursday 8 November 2012

Taste of Traditional : Gudeg Wijilan

Sudah pernah ke Jogja, pasti kenal dong makanan khasnya. Yapp, gudeg. Makanan berbahan dasar nangka yang rasanya gurih manis ini memang penganan khas kota Jogja. Dan yang paling terkenal itu tentu saja Gudeg Wijilan. Jalan Wijilan terletak di sebelah kanan Keraton Jogja, memang menjadi sentra penjualan gudeg sejak tahun 1946. Memang sih Malioboro juga menawarkan gudeg dimalam hari, namun rasa yang ditawarkan tentu saja berbeda. Dahulu hanya sedikit yang berjualan di Wijilan, namun seiring perjalanan waktu penjualnya semakin bertambah dan berpindah generasi.
Wijilan menjadi menarik karena pesona tradisional yang ditawarkan masih sangat terasa, rumah-rumah khas jawa yang sederhana namun etnik sukses membuat tempat ini sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi.
Kalau mau ke Wijilan, cukup berdiri di depan hotel, tunggu saja tukang becak yang lewat (Jalan di Jogja kebanyakan satu arah, sebaiknya pakai kendaraan umum saja, biar terasa turisnya :D ) ntar kalau udah ketemu tukang becak, bilang saja, kita mau ke Wijilan, nanti si abang akan mengantarkan kita dan bahkan bersedia menunggu kita selesai makan dan mengantar kembali di hotel (hotel saya kemarin di Malioboro, jadi deket, jangan naik becak kalau kamu stay nya di Kota Gede, itu mah kelewatan namanya), ongkosnya paling sepuluh ribu (plis ya jangan di tawar lagi, kasian abang becaknya)
Nah, kalau kamu udah punya langganan di Wijilan, tinggal bilang saja sama abang becaknya, mau di antar ke Gudeg mana, ada Gudeg Bu Widodo, Gudeg Yu Djum dan masih banyak lagi,gitu deh, tapi kalau belum pernah, biarlah si abang yang mengantar ke tempat yang menurut dia paling enak (tergantung si abang becak joint venturenya sama siapa sih sebenernya :D ). Kalau udah sampai, duduk manis, lihat-lihat menu, pilih deh paket gudeg yang disukai, bisa yang komplit, atau pakai ayam saja, pakai telur, tambah hati atau paru, sesuai selera aja.
Buat yang belum tahu, gudeg itu sayur nangka yang dimasak sampai warnanya hitam yang teksturnya gag kelihatan lagi, kalau yang enak itu yang santannya sampai jadi kental banget itu, terus pelengkapnya pakai sambel krecek, ayam, telur, tahu, hati, dan kerupuk. Makannya pakai nasi hangat, hmmmm sedapnyaaaaa ....
Ini nih di Gudeg Bu Widodo, kita pesen nasi gudeg komplit,
 
sebelum makan poto dulu yaa


 Terus kita iseng-iseng pesen minum wedang uwuh, namanya lucu gitu sih, imut-imut gimana gitu, ini nih bentuknya,
agak gimana gitu ya

 tapi rasanya gak cocok di lidah kita, pedes-pedes rempah gitu, agak asem sama pahit, yah aneh laah, katanya sih bagus buat tubuh, biar anget gitu ya, sehat sentosa makmur sejahtera :D Untuk harga per porsinya gudeg di jalan Wijilan ini dibandrol dengan harga yang wajar, kita pesen nasi gudeg komplit harganya sekitar 25 ribuan, kalau ditambah kerupk atau hati tambah 3-5 ribu, minumnya juga murah, mulai 5 ribuan saja. Murah meriah kan, kenyangnya dapet, tradisionalnya dapet, wisatanya dapet. komplit deh :)

ini udah beda rumah makan, masih di Wijilan, tapi lupa namanya apa, tapi rumah makan ini letaknya di barisan depan Jalan Wijilan, disini enak loh gudegnya :) foto dulu nunggu gudegnya dateng

walaa, ini dia gudegnya udah dateng, bon apetite deeeh ...

No comments:

Post a Comment